Minggu, 09 Maret 2014

MAKALAH BAB III BENAR FIX : Minat Siswa SMA 1 Pekalongan Kelas XI untuk Mengunjungi Perpustakaan dan Membaca serta Pengaruhnya dalam Pembelajaran



BAB III
METODE PENELITIAN

A. Lokasi dan Waktu Penelitian
                   Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pekalongan dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2012. Adapun jadwal penelitian tersebut sebagai berikut.

No.
Kegiatan
Bulan
Februari
Maret
2
3
4
1
2
4
 1.
 Izin Penelitian

 X


 X

 2.
 Penyusunan metode pengumpulan data
 X





 3.
Pelaksanaan penelitian 

 X
X
 X

 4.
Pengolahan data 


 X


 5.
 Penyusunan laporan hasil penelitian


 X


 X














B. Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah minat siswa mengunjungi perpustakaan dan  minat baca siswa kelas XI. Adapun sumber data adalah kelas XI ipa 1, XI ipa 3, XI ipa  5, XI ips 2 yang masing-masing berjumlah 2 siswa yang terdiri dari 1 putra dan 1 putri. Sumber data tersebut dipilih karena peneliti melihat minat siswa dalam mengunjungi perpustakaan masih rendah. Sumber data juga diambil dari putugas perpustakaan untuk mengetahui keadaan di perpustakaan serta minat kunjungan siswa kelas XI ke perpustakaan

C. Variabel yang Diteliti
Dalam penelitian ini variabel yang diteliti ada tiga, yaitu (1) variabel kunjungan siswa kelas XI ke perpustakaan, (2) variabel kompetensi membaca, (3) variabel pengaruh perpustakaan dalam proses pembelajaran.
Variabel kunjungan siswa kelas XI ke perpustakaan yang dimaksud dalam penelitian adalah intensitas kunjungan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan ke perpustakaan. Hal tersebut menunjukkan jika intensitas kunjungan baik, maka minat mengunjunjungi perpustakaan siswa yang baika.Kunjungan ke perpustakaan ini dapat membantu siswa mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selain itu kunjungan siswa ke perpustakaan dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi siswa tersebut. Contohnya dalam mencari buku yang dibutuhkan dari  banyak buku yang tersedia di perpustakaan.
Variabel kompetensi membaca siswa yang dimaksud adalah kompetensi membaca seorang siswa di perpustakaan untuk menambah wawasan atau informasi siswa tersebut. Minat membaca yang baik dapat mempengaruhi siswa dalam menambah pengetahuan, ketrampilan dan siswa dalam mengembangkan imajinasi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Seperti pernyataan Suherman (2009:151) yang menyatakan “perpustakaan dapat dimanfaatkan secara informal sebagai lingkungan yang indah,menyenangkan, serta merangsang minat baca dengan ditampilkannya berbagai macam bahan pustaka seperti majalah, novel, dan terbitan lain serta audio-visual”. Senada dengan Suherman Colker (2006: 90) menyatakan “ mereka membaca dalam jangka waktu panjang dengan kemampuan kognitif yang lebih besar dan dengan lebih banyak efek positifnya daripada pembaca yang mempunyai motivaso lebih kecil”.
Variabel pengaruh perpustakaan dalam proses pembelajaran yang dimaksud adalah setelah siswa tersebut mengunjungi dan membaca di perpustakaan, pastilah ada pengaruh yang didapatkan siswa tersebut.Contohnya rasa ingin tahu seorang siswa akan bertambah ketika membaca buku yang ia minati. Pengaruh tersebut haruslah pengaruh yang positif yang dapat menunjang pembelajaran siswa.

D. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian ini dilaksanakan secara bertahap, dan dimulai dari para siswa kelas XI. Setelah itu penelitian dilanjutkan dengan melihat situasi perpustakaan untuk melihat kunjungan siswa kelas XI. Langkah-langkah penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan wawancara, dan menganalisa hasil wawancara atau penelitian.
1.    Persiapan
a.    Menyusun daftar wawancara
b.    Menyiapkan alat dokumentasi berupa recorder dan kamera.
c.    Menghubungi narasumber atau sumber data

2.    Pelaksanaan Wawancara
Penelitian berupa wawancara kepada sumber data dilaksanakan melalui dua tahap. Tahap pertama di lakukan kepada para siswa kelas Xi yang dipilih secara acak dari kelas ipa maupun ips. Sedangkan tahap kedua dilakukan kepada guru petugas perpustakaan yang bertugas melayani siswa di perpustakaan. Pelaksanaan wawancara dilakukan saat jam istirahat ataupun sepulang sekolah. Adapun kegiatan yang dilaksanakan sebagai berikut.
a.    Peneliti telah mengonfirmasi kepada narasumber atau sumber data sebelumnya untuk diadakan wawancara.
b.    Tempat yang digunakan untuk penelitian diupayakan senyaman mungkin agar wawancara dapat berjalan baik.
c.    Peneliti memberikan pertanyaan yang relevan kepada sumber data.
d.   Sumber data menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peneliti.
e.    Peneliti mencatat ataupun merekan hasil wawancara.

3.    Menganalisa Hasil Wawancara
Penganalisaan hasil wawancara bertujuan untuk mengetahui minat kunjungan siswa ke perpustakaan dan minat membaca siswa di perrpustkaan melalui hasil wawancara kepada narasumber. Selain itu tanggapan siswa terhadap pelayanan serta kondisi perpustakaan sekolah dapat diketahui melalui kegiatan ini.



E. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data merupakan salah satu aspek yang berperan dalam kelancaran dan keberhasilan dalam suatu penelitian. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut.
1. Angket atau Kuesioner
Angket atau kuesioner adalah teknik pengumpulan data melalui formulir-formulir yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara tertulis pada seseorang atau sekumpulan orang untuk mendapatkan jawaban atau tanggapan dan informasi yang diperlukan oleh peneliti (Mardalis: 2008: 66) Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioer, daftar pertanyaannya dibuat secara berstruktur denan bentuk pertanyaan pilihan berganda (multiple choice questions) dan pertanyaan terbuka (open question). Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang persepsi melalui jawaban  dari responden.

2. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi yaitu pengumpulan data di mana peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, daftar kujungan kwlas XI, dokumen, peraturan-peraturan, dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang jumlah pengunjung perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Pekalongan.

F. Skala Pengukuran Variabel
Skala pengukuran variabel dalam penelitian ini mengacu pada Skala Likert (Likert Scale), di mana masing-masing dibuat dengan menggunakan skala 1 – 5 kategori jawaban, yang masing-masing jawaban diberi score atau bobot yaitu banyaknya score antara 1 sampai 5, dengan rincian:
1. Jawaban SS sangat setuju diberi score 5.
2. Jawaban S setuju diberi score 4.
3. Jawaban R ragu-ragu diberi score 3.
4. Jawaban TS tidak setuju diberi score 2.
5. Jawaban STS sangat tidak setuju diberi score 1 (Singarimbun, 1994: 249).

G. Teknik Pengolahan Data
Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah. Semua data yang terkumpul kemudian disajikan dalam susunan yang baik dan rapi. Yang termasuk dalam kegiatan pengolahan data adalah menghitung frekuensi mengenai pengaruh
desain interior terhadap minat berkunjung masyarakat berdasarkan data hasil kuesioner kemudian diolah untuk mendapatkan nilai persentase. Tahap-tahap pengolahan data tersebut adalah.
1.    Penyuntingan
Semua daftar pertanyaan wawancara, data kuesioner yang berhasil dikumpulkan selanjutnya diperiksa terlebih dahulu dan dikelompokkan.
2. Penyusunan dan Perhitungan Data
Penyusunan dan perhitungan data dilakukan secara manual dengan menggunakan alat bantu berupa komputer.
3. Tabulasi
Data yang telah disusun dan dihitung selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel. Pembuatan tabel tersebut dilakukan dengan cara tabulasi langsung karena data langsung dipindahkan dari data ke kerangka tabel yang telah disiapkan tanpa proses perantara lainnya.

H. Analisis Data
Tahap-tahap pengolahan data hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.
1. Pemeriksaan akan kelengkapan jawaban.
Pada tahap ini data yang diperoleh diperiksa kembali untuk mencari jawaban dari kuesioner yang tidak lengkap.
2. Tally, yaitu menghitung jumlah atau frekuensi dari masing-masing jawaban dalam kuesioner.
3. Menghitung persentase jawaban responden dalam bentuk tabel tunggal melalui distribusi frekuensi dan persentase. dengan menggunakan rumus.
P = f/N x 100%
P : Persentase
f. : Frekuensi data
N : Jumlah sampel yang diolah (Warsito, 1992:59)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar