Minggu, 09 Maret 2014

MAKALAH BAB I BENAR FIX : Minat Siswa SMA 1 Pekalongan Kelas XI untuk Mengunjungi Perpustakaan dan Membaca serta Pengaruhnya dalam Pembelajaran



BAB  I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Buku adalah sumber berbagai pengetahuan. Semua hal yang ingin kita ketahui ada pada buku. Dari hal yang umum hingga hal yang mendetail dapat kita kuasai atau kita ketahui dengan membaca buku. Oleh karena itu, kita harus banyak membaca buku agar pengetahuan kita semakin bertambah, dan pengetahuan kita menjadi luas. Suherman (2009 : 9) menyatakan “buku adalah guru yang paling baik karena buku tidak pernah jemu menggurui kita. Ia dengan sabar membimbing dan melayani pembacanya baik yang berkecepatan lamban maupun supercepat”.
Minat  membaca buku di kalangan pelajar khususnya kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan seakan tak terbendung lagi. Perpustakaan menjadi salah satu tempat yang dikunjungi untuk siswa membaca buku. Itu dikarenakan perpustakaan adalah tempat yang berisi berbagai jenis buku yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran terutama untuk kelas XI dalam mencari tugas sekolah. Suherman (2009:142) menyatakan perpustakaan merupakan tempat penyimpanan dan pencarian informasi. Salah satu tugas perpustakaan sekolah adalah melayani para peserta didik secara optimal.
 Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan berhasil guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Suherman (2009:14) menyatakan “dalam pendidikan perpustakaan menjadi “jantung” sekolah. Sebagaimana fungsi jantung dalam tubuh, perpustakaan sangat menentukan sehat tidaknya sistem pendidikan sekolah”.
Perpustakaan sebagai tempat mencari informasi, seharusnya menjadi daya tarik siswa khususnya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan dalam meningkatkan pengetahuan serta membantu para siswa dalam mencari tugas yang diberikan guru mata pelajaran tertentu. Suherman (2009:14) menarik simpulan bahwa perpustakaan memiliki kekuatan sebagai penggerak untuk pembelajaran yang lebih efektif dan dinamis, baik untuk individu maupun kelompok. Di sekolah atau di perguruan tinggi perpustakaan memiliki peranan yang sangat vital sebagai sumber daya material untuk penelitian dan membaca atau sebagai tempat belajar yang kondusif. Pals (2009:10) menyatakan “perpustakaan sekolah adalah partner yang tepat bagi jaringan informasi baik perpustakaan pada tingkat nasional, regional , maupun lokal”.
Selain perpustakaan menjadi salah satu faktor penunjang belajar, minat baca adalah faktor yang sangat pokok untuk menunjang meningkatnya prestasi belajar. Kesadaran membaca perlu ditingkatkan agar siswa dapat menambah pengetahuan demi mencapai cita-cita dan mewujudkan masa depan yang cerah. Colker (2006:89) menyatakan minat baca adalah komponen kunci dari internalisasi. Minat adalah faktor penting dalam menunjang berhasilnya anak-anak atau siswa dalam membaca. Ketika para siswa membaca karena karena mereka menginginkannya, bukan karena terpaksa. Suherman (2009:52) menyatakan menumbuhkan minat baca adalah sebuah proses yang memerlukan waktu panjang. Banyak faktor yang harus dilibatkan, salah satunya adalah melalui pembiasaan yang dimulai dari masa kanak-kanak.
Berdasarkan fenomena tersebut, penulis akan mengadakan penelitian dengan judul Minat Siswa SMA 1 Pekalongan Kelas XI untuk Mengunjungi Perpustakaan dan Membaca serta  Pengaruhnya dalam Pembelajaran.



B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang muncul dalam penelitian ini sebagai berikut.
1.      Apakah perpustakan sekolah dan kota selalu ramai dikunjungi siswa kelas XI SMA N 1 Pekalongan?
2.      Apakah dengan mengunjungi perpustakaan dapat meningkatkan minat baca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan?
3.      Bagaimanakah pengaruh mengunjungi perpustakaan terhadap proses pembelajaran siswa ?

C.    Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah
1.      Mengetahui intensitas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan dalam mengunjungi perpustakaan sekolah maupun kota.
2.      Mendeskripsikan peningkatan minat baca siswa yang dipengaruhi oleh kunjungan ke perpustakaan
3.      Mendeskripsikan pentingnya pengaruh perpustakaan dalam proses pembelajaran siswa.

D.    Manfaat Penelitian
      Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti, siswa, dan sekolah. Bagi peneliti diharapkan mampu menambah wawasan bagi kami tentang peran perpustakaan dalam proses pembelajaran. Selain itu dapat mengetahui manfaat perpustakaan dalam pembelajaran. Bagi siswa, siswa dapat mengetahui pentingnya perpustakaan bagi proses pembelajaran dan menambah minat baca untuk meningkatkan prestasi siswa. Bagi sekolah, penelitian ini memberikan kontribusi kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar