BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Buku
adalah sumber berbagai pengetahuan. Semua hal yang ingin kita ketahui ada pada
buku. Dari hal yang umum hingga hal yang mendetail dapat kita kuasai atau kita
ketahui dengan membaca buku. Oleh karena itu, kita harus banyak membaca buku
agar pengetahuan kita semakin bertambah, dan pengetahuan kita menjadi luas. Suherman
(2009 : 9) menyatakan “buku adalah guru yang paling baik karena buku tidak
pernah jemu menggurui kita. Ia dengan sabar membimbing dan melayani pembacanya
baik yang berkecepatan lamban maupun supercepat”.
Minat
membaca buku di kalangan pelajar khususnya
kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan seakan tak terbendung lagi. Perpustakaan
menjadi salah satu tempat yang dikunjungi untuk siswa membaca buku. Itu
dikarenakan perpustakaan adalah tempat yang berisi berbagai jenis buku yang
dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran terutama untuk kelas XI dalam
mencari tugas sekolah. Suherman (2009:142) menyatakan perpustakaan merupakan
tempat penyimpanan dan pencarian informasi. Salah satu tugas perpustakaan
sekolah adalah melayani para peserta didik secara optimal.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya
guna dan berhasil guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana
komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus
dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan
kehidupan bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar
pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Suherman (2009:14) menyatakan “dalam
pendidikan perpustakaan menjadi “jantung” sekolah. Sebagaimana fungsi jantung
dalam tubuh, perpustakaan sangat menentukan sehat tidaknya sistem pendidikan
sekolah”.
Perpustakaan
sebagai tempat mencari informasi, seharusnya menjadi daya tarik siswa khususnya
siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan dalam meningkatkan pengetahuan serta
membantu para siswa dalam mencari tugas yang diberikan guru mata pelajaran
tertentu. Suherman (2009:14) menarik simpulan bahwa perpustakaan memiliki
kekuatan sebagai penggerak untuk pembelajaran yang lebih efektif dan dinamis, baik
untuk individu maupun kelompok. Di sekolah atau di perguruan tinggi
perpustakaan memiliki peranan yang sangat vital sebagai sumber daya material
untuk penelitian dan membaca atau sebagai tempat belajar yang kondusif. Pals
(2009:10) menyatakan “perpustakaan sekolah adalah partner yang tepat bagi
jaringan informasi baik perpustakaan pada tingkat nasional, regional , maupun
lokal”.
Selain
perpustakaan menjadi salah satu faktor penunjang belajar, minat baca adalah
faktor yang sangat pokok untuk menunjang meningkatnya prestasi belajar. Kesadaran
membaca perlu ditingkatkan agar siswa dapat menambah pengetahuan demi mencapai
cita-cita dan mewujudkan masa depan yang cerah. Colker (2006:89) menyatakan
minat baca adalah komponen kunci dari internalisasi. Minat adalah faktor
penting dalam menunjang berhasilnya anak-anak atau siswa dalam membaca. Ketika
para siswa membaca karena karena mereka menginginkannya, bukan karena terpaksa.
Suherman (2009:52) menyatakan menumbuhkan minat baca adalah sebuah proses yang
memerlukan waktu panjang. Banyak faktor yang harus dilibatkan, salah satunya
adalah melalui pembiasaan yang dimulai dari masa kanak-kanak.
Berdasarkan
fenomena tersebut, penulis akan mengadakan penelitian dengan judul Minat Siswa
SMA 1 Pekalongan Kelas XI untuk Mengunjungi Perpustakaan dan Membaca serta Pengaruhnya dalam Pembelajaran.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka permasalahan yang muncul dalam penelitian ini
sebagai berikut.
1. Apakah
perpustakan sekolah dan kota selalu ramai dikunjungi siswa kelas XI SMA N 1
Pekalongan?
2. Apakah
dengan mengunjungi perpustakaan dapat meningkatkan minat baca siswa kelas XI
SMA Negeri 1 Pekalongan?
3. Bagaimanakah
pengaruh mengunjungi perpustakaan terhadap proses pembelajaran siswa ?
C.
Tujuan
Penelitian
Sesuai
dengan permasalahan di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah
1. Mengetahui
intensitas siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pekalongan dalam mengunjungi perpustakaan
sekolah maupun kota.
2. Mendeskripsikan
peningkatan minat baca siswa yang dipengaruhi oleh kunjungan ke perpustakaan
3. Mendeskripsikan
pentingnya pengaruh perpustakaan dalam proses pembelajaran siswa.
D.
Manfaat
Penelitian
Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti, siswa, dan sekolah. Bagi peneliti
diharapkan mampu menambah wawasan bagi kami tentang peran perpustakaan dalam
proses pembelajaran. Selain itu dapat mengetahui manfaat perpustakaan dalam
pembelajaran. Bagi siswa, siswa dapat mengetahui pentingnya perpustakaan bagi
proses pembelajaran dan menambah minat baca untuk meningkatkan prestasi siswa. Bagi
sekolah, penelitian ini
memberikan kontribusi kepada sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar